Berita

Kasi Bimas Islam Koordinasikan Revitalisasi Kelembagaan BKM di Pemkot

Senin, 16 Oktober 2023 18:16 WIB
  • Share this on:

Kotamobagu (Kemenag) – Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Kotamobagu Abdul Gapur Makalalag didampingi Penyuluh Agama Islam melakukan konsultasi dan koordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot)  Kotamobagu. Bertempat di ruang Asisten III, hadir langsung Asisten III Bidang Administrasi Umum Moch Agung Adipati, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nasli Paputungan, Kabag Kesra Hamdan Mokoagow, Senin (16/10).
Pertemuan ini sehubungan dengan Pengelolaan Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) yang merujuk pada PMA No. 54 Tahun 2006 tentang susunan organisasi dan tata kerja BKM, juga terkait Revitalisas kelembagaan BKM atau revisi atas PMA No 54/2006 yang memerlukan pemutakhiran dan penguatan kerja berdasarkan  Peraturan Ketua Harian BKM Nomor 1 Tahun 2023 tentang revitalisasi organisasi dan tata kerja BKM.
Berdasarkan Peraturan tersebut maka untuk tingkat Kabupaten/kota diharapkan dapat segera membentuk kepengurusan BKM. Untuk itu, maksud dan tujuan pertemuan kali ini akan membahas hal tersebut menyesuaikan dengan peraturan yang ada.
Hal ini tentunya dilakukan peras BKM sangatlah penting dalam organisasi dan masyarakat dengan melakukan  pembinaan organisasi dan administrasi pengelolaan masjid, mengupayakan bantuan peningkatan sarpras masjid, melakukan koordinasi dan kerjasama dengan pengurus masjid lainnya. Begitu juga dengan tujuan BKM yakni untuk meningkatkan kesejahteraan masjid serta tempat ibadah umat Islam lainnya atas dasar takwa melalui peningkatan manajemen (idarah), emakmuran (imarah dan pemeliharaan (riayah).
“Semoga mitra kerja Kesra Pemkot dan Kemenag juga pimpinan Forkopimda dapat bersama dalam proses pembinaan, pemantauan dan pelaporan agar semua proses berjalan lancar dan lebih mudah”ujar Gapur.

Editor:
Pratiwi Paputungan
Kontributor:
Tiwi
Penulis:
Tiwi
Fotografer:
Aqil

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -