Berita

Safari Jumat di MAN 1 "Cinta Tanah Air Sebagian Dari Iman"

Jumat, 18 Agustus 2023 17:44 WIB
  • Share this on:

Kotamobagu (Kemenag) – Kepala Kantor Kemenag Kotamobagu  Jamaluddin Lamato bersama Kasi PHU Abdul Gapur Makalalag, Penyuluh Agama Islam Muh. Yudiansyah melaksanakan safari jumat di Musholah MAN 1 Kotamobagu.
Turut hadir KTU Musafak, para guru dan siswa MAN 1 yang juga sebagai jemaah shalat jumat. Kali ini yang menyampaikan Khutbah jumat adalah Mukhtar Ganggai tenaga pendidik pada MAN 1 Kotamobagu. Mukhtar membawakan khutbah dengan judul “cinta Tanah Air” “mencintai tanah air adalah sebagian dari iman sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah SAW. 
Terkait anjuran untuk mencintai tanah air, Nabi memberikan sebuah contoh teladan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam Shahih Bukhari juz 3 hal. 23:
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ، حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ جَعْفَرٍ، عَنْ حُمَيْدٍ، عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، «أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، كَانَ إِذَا قَدِمَ مِنْ سَفَرٍ، فَنَظَرَ إِلَى جُدُرَاتِ المَدِينَةِ، أَوْضَعَ رَاحِلَتَهُ وَإِنْ كَانَ عَلَى دَابَّةٍ حَرَّكَهَا مِنْ حُبِّهَا»
"Ketika Rasulullah hendak datang dari bepergian, beliau mempercepat jalannya kendaraan yang ditunggangi setelah melihat dinding kota Madinah. Bahkan beliau sampai menggerak-gerakan binatang yang dikendarainya tersebut. Semua itu dilakukan sebagai bentuk kecintaan beliau terhadap tanah airnya. " (HR. Bukhari).
Seperti itulah gambaran cinta tanah air yang disampaikan Mukhtar Ganggai. Dan untuk selanjutnya, Kepala Kantor juga menyampaikan informasi terkait Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS). Hal ini kembali disampaikan mengingat peserta yang mengikuto kegiatan dari Bimas Islam hanya siswa siswi kela 12 saja.
Lamato kembali menyampaikan isi arahannya yakni “para Siswa/i agar tetap fokus belajar dan abaikan godaan yang mengarah pada pernikahan dini. Tugas anda adalah belajar, kuliah, dan bekerja, setelah semua tercapai silahkan berencana matang untuk menikah dan membangun keluarga”, ungkap Kepala Kantor pada siswa Jemaah sholat jumat.

Editor:
Pratiwi Paputungan
Kontributor:
Tiwi
Penulis:
Tiwi
Fotografer:
Kontributor MAN 1

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -