Berita

Sahran Buka Kegiatan Bimas Islam

Selasa, 15 Agustus 2023 22:26 WIB
  • Share this on:

Kotamobagu (Kemenag) - Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kankemenag Kota Kotamobagu Hi Moh. Sahran Noor Gonibala mewakili Kepala Kankemenag Kotamobagu membuka kegiatan Sosialisasi Skema Kebijakan Baru Organisasi dan Tata Kerja KUA Tingkat Kota Kotamobagu Tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kotamobagu, Selasa (15/8)  di Room Meeting Eftree Home stay JL. Adampe Dolot Kel. Mogolaing.
Kasubbag TU didampingi Plt. Kasi Bimas Islam Abdul Gapur Makalalag yang dalam kesempatan kali ini juga membawakan materi berjudul “Skema Kebijakan Baru Organisasi dan Tata Kerja KUA”. Turut hadir Para Kepala KUA serta  Penyuluh Agama Islam dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Kotamobagu.
Adapun ulasan materi yang disampaikan Abd Gapur yakni pentingnya peran Revitalisasi KUA sebagai garda terdepan Kemenag dalam penguatan moderasi beragama, merawat kerukunan dan pencegahan intoleransi. Hal ini tentunya karena KUA merupakan unit pelaksana teknis  di Kemenag berada dibawah Seksi Bimas Islam dan bertanggungjawab kepada Dirjend Bimas Islam dan secara operasional dibina oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/kota. Sehingga kaitannya dengan tugas dan fungsi KUA adalah untuk melaksanakan pelayanan pengawasan , pencatatan dan pelaporan Nikah dan Rujuk (NR), pengelola dokumentasi dan sistem informasi manajemen KUA Kecamatan, pelayanan bimbingan keluarga sakinah, pelayanan bimbingan kemasjidan, pelayanan bimbingan hisab rukyat dan pembinaan syariah, penerangan agama islam, zakat wakaf juga bimbingan jemaah haji bagi jemaah haji reguler.
Kasubbag TU berharap kebijakan baru dan tata kerja KUA dapat menjadi perhatian agar untuk pelaksanaan tugas dan fungsi  juga manajemen di KUA akan lebih baik.

Editor:
Pratiwi Paputungan
Kontributor:
Tiwi
Penulis:
Tiwi
Fotografer:
...

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -